Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Kalimat Aksara Jawa Legena Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Multimedia
Abstract
Aksara Jawa merupakan salah satu materi Bahasa Jawa yang wajib diajarkan di jenjang Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran Quantuam Teaching berbantuan multimedia dalam upaya peningkatan keterampilan membaca dan menulis kalimat aksara Jawa legena, (2) meningkatkan keterampilan membaca dan menulis kalimat aksara Jawa legena melalui model pembelajaran Quantuam Teaching berbantuan multimedia, (3) mendeskripsikan respon siswa dalam mengikuti pembelajaran menggunakan model Quantuam Teaching berbantuan multimedia. Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan selama tiga siklus, 5 kali pertemuan dengan subjek penelitian siswa dan guru kelas III SD Negeri 1 Kalibagor. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data teknik tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan ketepatan penerapan langkah-langkah model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan multimedia, peningkatan keterampilan membaca dan menulis kalimat aksara Jawa legena, yaitu siswa mampu membaca dan melafalkan serta menuliskan aksara Jawa legena dengan jelas, rapi, dan sesuai dengan bunyi aksara, serta respon positif yang ditunjukkan siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan multimedia. Kesimpulan penelitian ini, yaitu model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan multimedia dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis kalimat aksara Jawa legena pada siswa kelas III SD Negeri 1 Kalibagor tahun ajaran 2023/2024.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.