Penerapan Model Role Playing dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila tentang Aku dan Lingkunganku

Fathia Sangadah, Ngatman Ngatman, Moh Salimi

Abstract

Pendidikan Pancasila merupakan pembelajaran yang memuat nilai-nilai karakter pancasila yang harus ditumbuhkan dalam kehidupan sehari-hari yang diajarkan mulai dari usia sekolah dasar. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model role playing dengan media audio visual, (2) meningkatkan kerja sama siswa dan (3) meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas I yang berjumlah 22 siswa. Data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik tes berupa tes tertulis. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan model role playing dengan media audio visual dilaksanakan dengan 7 langkah yaitu: (a) pemanasan kelompok, (b) menyimak video, (c) pemilihan partisipan, (d) pengaturan setting, (e) pemilihan siswa sebagai pengamat, (f) pemeranan dan (g) diskusi dan evaluasi, (2) kerja sama siswa meningkat dengan hasil pada siklus I sebesar 78,75%, pada siklus II meningkat menjadi 85,83% dan pada siklus III kembali meningkat menjadi 90%, (3) hasil belajar mengalami peningkatan dengan presentase pada siklus I sebesar 63,64%, meningkat pada siklus II menjadi 81,82% dan kembali meningkat pada siklus III menjadi 90,91%.

Keywords

Role Playing, kerja sama, hasil belajar, Pendidikan Pancasila

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.