Penerapan Model Discovery Learning dengan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Discovery Learning dengan multimedia; (2) meningkatkan hasil belajar IPAS melalui penerapan model Discovery Learning dengan multimedia; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Discovery Learning dengan multimedia. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Wonosari. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Discovery Learning dengan multimedia dilaksanakan dengan enam langkah, yaitu: (a) stimulation, (b) problem statement, (c) data collection, (d) data processing, (e) verification, dan (f) generalization; (2) penerapan model Discovery Learning dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I = 79,13%, siklus II = 84,38%, dan siklus III = 93,75%; (c) kendala yang ditemukan yaitu siswa belum aktif menanggapi atau bertanya pada kelompok yang sedang presentasi . Solusinya yaitu guru memberikan motivasi kepada siswa aktif menanggapi atau bertanya. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Discovery Learning dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2023/2024.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.