Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas V SD

Nabilla Hermaristi Oktavianingrum, Moh Salimi, Dewi Indrapangastuti

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah-langkah kooperatif tipe make a match; meningkatkan keterampilan sosial; serta mendeskripsikan hasil belajar yang ditemui dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan lima indikator keterampilan sosial dari caldarella dan merrel yaitu hubungan dengan teman sebaya, manajemen diri, kemampuan akademis, kepatuhan, dan perilaku asertif. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Pejagoan. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan sosial menggunakan model kooperatif tipe make a match. Persentase keterampilan sosial siklus I = 81,38%, siklus II = 86,52%, dan siklus III = 90,13%. Hasil belajar yang ditemukan pada siklus I = 80,34%, siklus II = 84,08%, dan siklus III = 89,27% Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe make a match  dapat meningkatkan keterampilan sosial pada siswa kelas V sekolah dasar.

Kata kunci: make a match, keterampilan sosial, hasil belajar

Keywords

make a match; keterampilan sosial; hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.