Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD
Abstract
Tujuan penelitian, yaitu mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi aspek konten, proses, dan produk dengan media konkret, meningkatkan pembelajaran matematika aspek kognitif, mendeskripsikan kendala dan solusi. Jenis penelitian adalah tindakan kelas kolabratif yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian, data, dan kesimpulan. Hasil penelitian berupa deskripsi penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi aspek konten, proses, dan produk dengan media konkret untuk meningkatkan pembelajaran matematika pengukuran luas, peningkatan pembelajaran matematika siswa kelas IV dilihat pada ketuntasan belajar aspek kognitif yaitu siklus I = 82,61%, siklus II = 89, 13%, dan siklus III = 97,83%, dan kendala yang muncul yaitu keterbatasan waktu untuk melaksanakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Solusi dengan menyiapkan kegiatan dengan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi aspek konten, proses dan produk dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.