Penerapan Model Project Based Learning dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika tentang Perkalian Pada Siswa Kelas II
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (a) menjelaskan langkah-langkah penerapan model PjBL menggunakan media audio visual, (b) meningkatkan hasil belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian mencakup guru dan siswa kelas II. Data yang dikumpulkan meliputi data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang penerapan model PjBL dengan media audio visual melalui tahapan berikut: (1) menentukan pertanyaan mendasar dengan media audio visual, (2) merencanakan proyek dengan acuan media audio visual, (3) membuat jadwal pelaksanaan proyek, (4) memantau siswa dalam merealisasikan proyek, (5) menguji hasil proyek, (6) evaluasi proyek. Ketuntasan hasil belajar pada ranah kognitif menunjukkan peningkatan dengan rincian: siklus I mencapai 68,75%, siklus II mencapai 85,41%, dan siklus III mencapai 95,58%. Disimpulkan bahwa model PjBL yang didukung oleh media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas II.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.