Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan LKPD Berbasis STEAM untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SD Negeri 1 Adikarso
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan LKPD berbasis STEAM dan meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini, penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu, guru dan peserta didik kelas III SDN 1 Adikarso. Data yang digunakan yaitu, data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan tes. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dengan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan langkah penerapan model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan LKPD Berbasis STEAM yaitu, (a) penentuan pertanyaan mendasar, (b) perencanaan pembuatan proyek dengan LKPD berbasis STEAM, (c) penyusunan jadwal, (d) pemantauan peserta didik dengan LKPD berbasis STEAM, (e) pengujian hasil dengan LKPD berbasis STEAM, (f) evaluasi. Penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan LKPD berbasis STEAM dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia persentase ketuntasan hasil belajar ranah kognitif siklus I=81,67%, siklus II=88,34%, siklus III=93,33%. Setelah dilakukan tindakan peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Kesimpulannya, model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan LKPD Berbasis STEAM dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas III SDN 1 Adikarso.
Keywords
Project Based Learning, LKPD berbasis STEAM, hasil belajar Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.