Penerapan Model Project Based Learning dengan Media Flipchart untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial IPAS Materi Bentuk Indonesiaku pada Siswa Kelas VB SD Negeri Munggu Tahun Ajaran 2023/2024

Ilham Insani Firdos, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Ngatman Ngatman

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Project Based Learning dengan media Flipchart, (2) meningkatkan keterampilan sosial IPAS materi Bentuk Indonesiaku, (3) menguraikan kendala dan solusi dalam penerapan model Project Based Learning dengan media Flipchart. Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SDN Munggu. Data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini yaitu (1) penerapan model Project Based Learning dengan media Flipchart dilaksanakan melalui langkah-langkah (a) merancang proyek dengan media Flipchart, (b) merancang langkah-langkah penyelesaian proyek dengan media Flipchart, (c) menyusun jadwal pelaksanaan proyek, (d) menyelesaikan proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru, (e) menyusun laporan dan presentasi hasil proyek, dan (f) mengevaluasi proses dan hasil proyek; (2) keterampilan sosial siswa yang diamati saat proses pembelajaran siklus I sampai siklus III mengalami peningkatan yaitu dengan rata-rata persentase pada siklus I sebesar 78,65%, siklus II sebesar 83,56%, dan pada siklus III sebesar 89,12%; dan (3) kendala pada penelitian ini yaitu siswa tidak berdiskusi secara aktif untuk menyampaikan idenya dalam pembuatan proyek, sedangkan solusi yang diberikan guru yaitu guru memberikan bimbingan dan motivasi terhadap siswa agar dapat berdiskusi dan menyampaikan ide dengan kelompoknya.

Keywords

Project Based Learning, Media Flipchart, Keterampilan Sosial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.