Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic) pada Mata Pelajaran IPAS Tentang Kearifan Lokal

Diteana Rahmadani, Kartika Chrysti Suryandari, Moh Salimi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan aspek pendekatan STEAM dalam pembelajaran IPAS tentang kearifan lokal. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan melalui tahapan tiga siklus. Data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa aspek pendekatan STEAM dapat dilaksanakan pada mata pelajaran IPAS tentang kearifan lokal dengan hasil observasi yang dilakukan terhadap guru dan siswa memperoleh rata-rata pada siklus I = 77,19% dan 77,49%, siklus II = 89,15% dan 88,32%, serta siklus III = 94,99% dan 93,32%. Simpulan pada penelitian ini yaitu penerapan pendekatan STEAM terdapat 6 aspek yaitu sains (science) dilakukan dengan wawancara, mengamati fenomena di sekitar lingkungan, serta menyimak video informasi, teknologi (technology) dengan aplikasi canva serta powerpoint, teknik (engineering) dengan penjelasan serta bimbingan guru dalam pembelajaran tugas proyek, seni (art) dengan mendesain karya melalui imajinasi serta menghias kipas mini, dan matematika (mathematic) dengan menghitung satuan waktu proses genteng, pertunjukkan tari Ebeg, serta satuan panjang kipas mini.

Keywords

Pendekatan STEAM, Pembalajaran IPAS, Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.