Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Pembelajaran Calistung di Sekolah Dasar Kelas Tinggi: Kualitatif Studi Kasus

Ardaneswari Putri Cahyaningsih, Laksmi Evasufi Widi Fajari, Syarifah Aini, Lili Fajrudin, Halimatus Sa'diyah, Vivit Nurhikmah Havita, Siti Amaliah, Khodikotul Atfaliyah, Intan Chania Putri, Defa Lutfi Hidayat

Abstract

Calistung merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai baik oleh peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan faktor faktor dan upaya problematika calistung pada peserta didik kelas IV SD Negeri Kubang Kemiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel penelitian ini yaitu siswa sekolah dasar kelas IV yang mengalami kesulitan belajar calistung melalui purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa faktor penyebab kesulitan belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal nampak pada aspek lingkungan keluarga yaitu hubungan orang tua dan anak yang tidak baik (Broken home) serta nampak pada aspek lingkungan sekolah yaitu siswa menjadi bahan bercandaan oleh teman sekelasnya sehingga siswa merasa malu dan sering tidak masuk sekolah. Dapat disimpulkan bahwa Faktor penyebab kesulitan belajar ada 2 yaitu faktor internal sedangkan fakor eksternal yaitu dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.

Keywords

Faktor kesulitan belajar calistung; sekolah dasar; Calistung

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.