Pengaruh Video Pembelajaran Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kelas IV

Yusnia Yusnia, Oktarianda Arief Irawan, Neza Agusdianita

Abstract

Riset in.i bert.ujua.n men.getahui pengaruh video pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SDN gugus XIV kota Bengkulu. Jenis riset ini adalah kuantitatif. Metode riset yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Dengan desain yang digunakan adalah The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi riset ini adalah SDN Gugus XIV Kota Bengkulu. Dengan samplenya adalah kelas IV A SD Negeri 42 dan IV B SD Negeri 45 Kota Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel memakai simple random sampling. Instrumen riset yang digunakan adalah tes temuan kemampuan pemecahan masalah dengan bentuk soal essay berupa pretest serta posttest. Jenis teknik analisis data dalam riset adalah analisis deskriptif, analisis uji prasyarat dan uji hipotesis memakai uji-t. Berlandaskan temuan diperoleh Sig.(2.-tai.le.d) = 0,001 < 0,05 dengan taraf signifikan 5%. Dengan rincian nilai rata-rata pada mata pelajaran Matematika kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 74.86 dan kelas kontrol sebesar 57.96 dengan perbedaan nilai rata-rata 16.9. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terkandung pengaruh dari penggunaan video pembelajaran berbasis STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SDN gugus XIV Kota Bengkulu.

Keywords

Media Pembelajaran Berbasis STEM, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pengaruh Pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.