Analisis Nilai Kemandirian dalam Buku IPAS Materi IPA Pada Kurikulum Merdeka Fase B

Sovia Lorenza, Dalifa Dalifa, Neza Agusdianita, Endang Widi Winarni, Yusnia Yusnia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sajian nilai kemandirian dalam buku panduan guru dan buku pegangan siswa mata pelajaran IPAS materi IPA.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gaya sajian buku panduan guru diperoleh kemunculan indikator pekerja keras (25%), berani dalam bertindak (16,66%),kreatif (25%),percaya diri (8,33%),menemukan identitas dirinya (16,66%),dan dapat mengambil keputusan sendiri (8,33%).Pada aspek pola sajian buku panduan guru diperoleh kemunculan indikator pekerja keras (21,15%), berani dalam bertindak (11,53%),kreatif (19,23%), percaya diri (26,92%), berkeinginan sesuatu tanpa bantuan orang lain (4%),menemukan identitas dirinya (2%),dapat mengambil keputusan sendiri (7,70%) dan memiliki daya tahan terhadap tantangan (7,70%).Pada pola sajian buku pegangan siswa diperoleh kemunculan indikator pekerja keras (23,07%),memiliki daya tahan terhadap tantangan (9,62%),berani dalam bertindak (1,92%), kreatif (25%),percaya diri (26,92%), dan dapat mengambil keputusan sendiri (13,46%).Dapat disimpulkan nilai kemandirian muncul melalui kemunculan indikator

Keywords

Independence Value, Textbook, IPAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.