Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn tentang Kewajiban dan Hakku pada Siswa Kelas III SD

Ani Purwanti, Moh Salimi, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu pembelajaran belum terintegrasi pada permasalahan, guru belum terlalu mengimplementasikan model PBL, dan siswa cenderung menunjukkan kepasifan dan bahkan keengganan untuk mengatasi permasalahan. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran PBL, meningkatkan hasil belajar PPKn, serta menjelaskan kendala dan solusi dalam penerapan model pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas III SD Negeri Jemur tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 26 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan nontes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar evaluasi dan lembar observasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan model PBL. Hasil belajar pada siklus I = 73% dan siklus II = 88,5%. Kendala dan solusi yang dialami dalam pembelajaran dapat diatasi dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar PPKn dengan materi kewajiban dan hak pada siswa kelas III SD Negeri Jemur.

Keywords

Problem Based Learning; learning outcomes; Civics

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.