Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dalam Pembelajaran IPAS tentang Perubahan Bentuk Permukaan Bumi pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Karangsari Tahun Ajaran 2023/2024

Annisa Luthfiyatur Rosyda, Muhamad Chamdani, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan salah satu kurikulum yang menekankan pada kreativitas saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini, yakni (1) mendeskripsikan langkah penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran IPAS, (2) meningkatkan kreativitas melalui penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran IPAS, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model Project Based Learning. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan tiga siklus dengan lima pertemuan. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data melalui reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penerapan model Project Based Learning terhadap guru pada siklus I, II, dan III, yaitu 81,94%, 88,88%, dan 94,44%. Sedangkan terhadap siswa pada siklus I, II, III, yaitu 80,55%, 88,18%, dan 93,05%. Penilaian kreativitas menggunakan indikator pemecahan, kerincian, kebaruan, dan kelancaran dengan hasil pada siklus I, II, dan III, yaitu 78,84%, 85,09%, dan 91,1%. Simpulan penelitian ini, yaitu penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran IPAS.

Keywords

Project-Based Learning, Creativity, Social and Natural Science

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.