Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas III SD Negeri Tepus Kulon Tahun Ajaran 2022/2023

Nikita 'Aina Shulha, Ngatman Ngatman, Muhamad Chamdani

Abstract

Praktik pembelajaran IPS sering mengalami kendala dalam mencapai hasil belajar yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam peningkatan hasil belajar IPS tentang perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tepus Kulon pada siswa kelas III yang berjumlah 14 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil penerapan model NHT terhadap mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil penerapan model terhadap guru pada siklus I=74,01%, siklus II=83,98%, dan siklus III=92,16%, sedangkan hasil ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I=42,86%, siklus II=75%, dan siklus III=92,85%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numeberd Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Tepus Kulon tahun ajaran 2022/2023.

Keywords

Numbered Heads Together, learning outcomes, social science.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.