Analisis Kesalahan Siswa pada Tes Kemampuan Dasar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 1 Kedawung Tahun Ajaran 2019/2020

Monalisa Darma Wati, Wahyudi Wahyudi, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis, faktor penyebab dan alternatif solusi mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Tes Kemampuan Dasar Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu, tes, wawancara dan studi dokumen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan dasar matematika dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini berjumlah 19 siswa dan 1 guru kelas III SD Negeri 1 Kedawung. Hasil penelitian menunjukkan: (1) jenis kesalahan siswa yaitu reading error sebesar 10,98%, comprehension error sebesar 11,53% , transformation error sebesar 16,48%, process skill error 48,90 %, dan encoding error sebesar 12,08%; (2) faktor penyebab yaitu (a) Reading error yaitu siswa kurang teliti dalam membaca soal (b) Comprehension error yaitu siswa  tidak memahami  apa  yang diketahui dalam soal. (c) Transformation error yaitu siswa salah dalam menggunakan rumus, siswa salah merubah satuan. (d) Process skill error yaitu siswa  salah   mengoperasikan  perhitungan. (e) Encoding error yaitu siswa   salah  menuliskan  jawaban akhir.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.