Penggunaan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar SBdP tentang Gambar Dekoratif pada Siswa Kelas IIIB SD Negeri 5 Panjer Tahun Ajaran 2022/2023

Izzatul Ma'rifah, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah penggunaan model Project Based Learning (PjBL), (2) meningkatkan hasil belajar SBdP tentang gambar dekoratif pada siswa kelas IIIB, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IIIB SDN 5 Panjer. Data yang digunakan yakni data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model Project Based Learning (PjBL) digunakan dengan langkah: menyajikan masalah, menyusun perencanaan proyek, menyusun jadwal, monitoring proyek, mempresentasikan hasil proyek, dan mengevaluasi hasil proyek; (2) hasil belajar SBdP siswa meningkat secara signifikan, pada ranah psikomotorik siklus I = 78,13%, siklus II = 90,63%, dan siklus III = 100%. Pada ranah kognitif siklus I  = 78,13%, siklus II = 90,63%, dan siklus III = 100%,; dan (3) kendala yang ditemui yaitu siswa tidak mendengarkan penjelasan dari guru dengan baik, belum mampu untuk membagi tugas dengan baik saat berkelompok. Adapun solusi dari kendala yaitu: guru memastikan siswa untuk tidak mengobrol dengan temannya dan mendengarkan penjelasan dari guru, serta menyuruh siswa untuk secara bergantian dalam kegiatan presentasi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar SBdP tentang gambar dekoratif pada siswa kelas IIIB SDN 5 Panjer tahun ajaran 2022/2023.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.