Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Siswa Kelas VA SDN 5 Panjer Tahun Ajaran 2022/2023

Khusnul Khotimah, Kartika Chrysti Suryandari, Suhartono Suhartono

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah-langkah Student Team Achievement Divisions (STAD); meningkatkan keterampilan sosial; serta mendeskripsikan dampak pengiring yang ditemui dalam pembelajaran. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas VA SDN 5 Panjer. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan sosial menggunakan model Student Team Achievement Divisions (STAD). Persentase keterampilan sosial siklus I = 79,16%, siklus II = 88,54%, dan siklus III = 93,75%. Dampak pengiring yang ditemui berupa sikap sosial siswa pada aspek tanggung jawab, percaya diri, dan disiplin dengan hasil pada siklus I = 78,79%, siklus II = 84,66%, dan siklus III = 90,53%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan keterampilan sosial pada siswa kelas VA SDN 5 Panjer tahun ajaran 2022/2023.

 

Keywords

Student Team Achievement Divisions, keterampilan sosial, IPS

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.