Upaya Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) pada Siswa Kelas V

Khusnul Khotimah, Kartika Chrysti Suryandari, Ngatman Ngatman

Abstract

Pendidikan di era society 5.0 berkaitan erat dengan kecakapan abad ke-21 yang juga dikenal dengan istilah 4C (Creativity, Critical Thinking, Communication, dan Collaboration). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada mata pelajaran IPA SDN 3 Kalirejo Kebumen. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan kerjasama siswa yang meningkat berupa saling ketergantungan, komunikasi antaranggota, tanggungjawab, dan saling menghargai. Hasil belajar siswa yang diukur melalui hasil test evaluasi mengalami peningkatan. Pada siklus I, 20 siswa tuntas KKM = 57,14%, siklus II, 27 siswa tuntas KKM = 77,14%, dan siklus III, 31 tuntas KKM = 88,57%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model CLIS dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa.

  

Keywords

Children Learning In Science (CLIS); Kerjasama; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.