Penerapan Model RADEC untuk Meningkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA

Okty Widyarti, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan model RADEC. RADEC merupakan model pembelajaran yang meliputi lima langkah yaitu read, answer, discuss, explain, dan create. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas VA SDN 1 Kebumen. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan nontes. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat, hal itu dapat terlihat dari hasil observasi ketika siswa menjawab pertanyaan guru maupun bertukar pendapat melalui penerapan model RADEC karena langkah model ini mendukung kemampuan berpikir kreatif siswa teruata pada langkah membuat suatu karya, serta dari hasil tes tertulis siswa yang dalam menjawab soal sudah dapat mengembangkan gagasan mereka sendiri dan jawaban yang diberikan beragam. Respon siswa dalam penerapan model RADEC menunjukkan respon positif dalam kegiatan pembelajaran, seperti antusiasme, perasaan senang, dan kepercayaan diri. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model RADEC dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA.


 

Keywords

RADEC; creative thinking; student’s responses

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.