Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa di Sekolah Dasar

Halimatus Sa'diyah, Laksmi Evasufi Widi Fajari, Syarifah Aini, Lili Fajrudin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V B SDN Pematang 3 dan siswa kelas V A SDN Pematang 2 Kabupaten Serang setelah mengikuti pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pembelajaran berbasis proyek. Subjek penelitian adalah siswa kelas V B SDN Pematang 3 dan siswa kelas V A SDN Pematang 2 Kabupaten Serang berjumlah 70 siswa. Keterampilan sosial siswa diukur berdasarkan peningkatan persentase keterampilan sosial siswa selama proses pembelajaran. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan sosial. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V B SDN Pematang 3 dan siswa kelas V A SDN Pematang 2 Kabupaten Serang dalam pembelajaran IPA. Keterampilan sosial siswa membaik dari 65,45 sebelum perlakuan menjadi 89,17 setelah perlakuan. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek efektif meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Keywords

Model pembelajaran berbasis proyek, keterampilan sosial, IPA

Full Text:

PDF

References

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Asy’ari, A., & Hamami, T. (2020). Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 19–34. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.52

Cresswell, J. W., Plano-Clark, V. L., Gutmann, M. L., & Hanson, W. E. (2003). Advanced mixed methods research designs. Handbook of Mixed Methods in Social and Behavioral Research.

Devi Erlistiana, Nur Nawangsih, Farchan Abdul Aziz, Sri Yulianti, & Farid Setiawan. (2022). Penerapan Kurikulum dalam Menghadapi Perkembangan Zaman di Jawa Tengah. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i1.235

Elvina, Q., Asrivi, S., Rokhman, F., & Deliana, S. M. (2017). Penerapan Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Journal of Primary Education, 6(3), 257–266.

Febrian Al Amin, M. (2019). Peran Social Skill Training Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Pasien Skizofrenia Katatonik. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 11(2), 101–110. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol11.iss2.art4

Fikri, M., & Tegeh, I. M. (2022). The Impact Of Social Skills Training On The Ability To Cooperate In Early Childhood. Indonesian Values and Character Education Journal, 5(1), 32–41. https://doi.org/10.23887/ivcej.v5i1.44227

Hardhiyanti, R. S., Pandjaitan, L. N., & Arya, L. (2020). Efektivitas Social Skills Training (SST) untuk Mereduksi Intensitas Bullying Pada Remaja. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 9(1), 1. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v9i1.3586

Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. In Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) (Vol. 6, Issue 1, p. 193). https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1682

Kim, S., Raza, M., & Seidman, E. (2019). Improving 21st-century teaching skills: The key to effective 21st-century learners. Research in Comparative and International Education, 14(1), 99–117. https://doi.org/10.1177/1745499919829214

Mareta, P. R., Arif M, A., & Susanto, S. (2021). The Social Skills of Students in the Pandemic Period (The Case Study in SMAN 1 Kedunggalar, Ngawi District, East Java, Indonesia). Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 369–376. https://doi.org/10.33258/birle.v4i1.1618

Masruroh, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pembuatan Clip Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 2(2), 152–158. https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i2.3350

Meitya, B. R., Adelia, D., Stephanie, N. L. P., Ajrina Tirzi, R. P., & Lita, R. R. (2017). Pengaruh Pelatihan Social Skills terhadap Peningkatan Komunikasi dan Kerjasama pada Anak-Anak di RPTRA Anggrek Bintaro. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 76. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.337

Nirmayani, L. H., & Dewi, N. P. C. P. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 378. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39891

Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. (2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP [Analysis of the Role of Learning Video Media in Improving Middle School Science Learning Outcomes]. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia (JPPIPA), 2(1), 7–12.

Pawero, A. M. (2017). Analisis Kritis Kebijakan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Dan Standar Isi Kurikulum Pendidikan Agama Islam. In Journal of Islamic Education Policy (Vol. 2, Issue 2, pp. 166–178). https://doi.org/10.30984/j.v2i2.700

Putu Arga, H. S. (2018). APPLICATION OF PROJECT BASED LEARNING MODELS TO IMPROVE ECOLITERACY OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS THROUGH URBAN FARMING ACTIVITIES. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 2(2), 95–102. https://doi.org/10.22460/pej.v2i2.1014

Radianto, W. E. D., & Wijaya, O. Y. a. (2017). Project Based Learning and Innovation in Entrepreneurship Education. International Journal of Applied Business and Economic Research, 15(25), 129–140. http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/2664

Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2012). Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 63–70.

Rahman, A. (2022). Upaya Peningkatan Standar Kompetensi Lulusan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 122–132.

Rahmi, I. (2021). The role of perceived social support on social skills of student with special needs. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 17(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jpk.v17i1.39860

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71.

Setyawan, R. I., Purwanto, A., & Sari, N. K. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(2), 81–93. https://doi.org/10.32585/jdb.v2i2.372

Sulthon, S. (2014). Dinamika Pengembangan Kurikulum Ditinjau Dari Dimensi Politisasi Pendidikan Dan Ekonomi. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 43–72. https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i1.763

Surahman, Paudi, R. I., & Tureni, D. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan Melalui Media Gambar Kontekstual pada Siswa Kelas II SD ALkhairaat Towera. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(4), 91–107.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.