Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Sekecamatan Prembun Tahun Ajaran 2021/2022

Lanjar Adi Sa Putri, Ngatman Ngatman Ngatman, Muhamad Chamdani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Kecamatan Prembun tahun ajaran 2021/2022. Penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel penelitian ini yaitu 244 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data yaitu uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) pola asuh orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan nilai thitung 3.587≥ttabel 1.970, (2) kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan nilai thitung 5.954≥ttabel 1.970, (3) pola asuh orang tua dan kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan nilai Fhitung 34.529>Ftabel 3.033. Kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Kecamatan Prembun tahun ajaran 2021/2022.

Keywords

pola asuh; kemandirian belajar; matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.