Problematika Pembelajaran Dalam Menumbuhkan Karakter Kemandirian Pada Anak Berkebutuhan Khusus Kelas III SD Negeri 2 Pejagoan Tahun Ajaran 2021/2022

Fatiyatun Nikmah, Muhamad Chamdani, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika pembelajaran dalam menumbuhkan karakter kemandirian pada ABK kelas III, menganalisis upaya guru dalam mengatasi problematika  tersebut, serta mendeskripsikan karakter kemandirian ABK kelas III. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa berkebutuhan khusus kelas III, guru kelas III dan kepala sekolah di SD Negeri 2 Pejagoan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan problematika pembelajaran yang terjadi meliputi aspek tenaga pendidik, peserta didik, manajemen sekolah,  kurikulum,  proses pembelajaran, sarana prasarana, dan kerjasama. Upaya yang dilakukan oleh guru maupun sekolah dalam mengatasi problematika antara lain dengan saling bertukar ilmu, memotivasi siswa, mengajukan sarana prasarana, dan menjalin kerjasama. Adapun karakter kemandirian ABK kelas III dalam kategori cukup.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah problematika pembelajaran yang terjadi meliputi aspek tenaga pendidik (guru), peserta didik, manajemen sekolah, kurikulum, proses pembelajaran, sarana prasarana, dan kerjasama, guru telah berupaya mengatasi permasalahan tersebut, dan karakter kemandirian ABK kelas III sudah terlihat pada beberapa aspek.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.