Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar pada Siswa Kelas IV SDN Tanjungsari Tahun Ajaran 2021/2022

Helga Elysia, Ngatman Ngatman, Muhamad Chamdani

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan langkah penerapan model index card match, untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun datar, dan untuk mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model index card match. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus. Data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah penerapan model index card match yaitu persiapan, pembagian kartu, pencarian pasangan, berkelompok sesuai pasangan, pembacaan kartu, konfirmasi, dan kesimpulan; (2) penerapan model index card match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun datar. Hal ini dibuktikan dengan presentase ketuntasan pada siklus I=76,32% dan siklus II=86,84%; (3) kendala dalam penelitian ini adalah siswa masih kesulitan dalam mencari pasangan kartu index, solusi dari kendala tersebut adalah guru membimbing siswa saat pencarian pasangan kartu index. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model index card match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun datar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.