Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD Elektronik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IVA SDN 1 Kutosari

Misbahul Munir, Suhartono Suhartono, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD Elektronik untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang energi, (2) meningkatkan hasil belajar IPA tentang energi melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD Elektronik, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD Elektronik untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang energi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas IVA SDN 1 Kutosari. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil belajar pada siklus I sebesar 86,36%, siklus II sebesar 90,91%, dan siklus III sebesar 93,18%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD Elektronik dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Energi pada siswa kelas IVA SDN 1 Kutosari tahun ajaran 2021/2022.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.