Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education dengan Media Konkret Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Bangun Ruang di Kelas V SD Negeri 1 Adikarso Tahun Ajaran 2021/2022

Uum Usma Hidayah, Muhamad Chamdani, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan RME dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bangun ruang, (2) meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun ruang melalui penerapan pendekatan RME dengan media konkret, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan RME dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bangun ruang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Adikarso. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil belajar siswa tentang bangun ruang pada siklus I = 75,4, siklus II = 84,5, dan siklus III = 89. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan media konkret pada siswa kelas V SD Negeri 1 Adikarso tahun ajaran 2021/2022.

Keywords

Realistic Mathematics Education, concrete materuals, solid figures

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.