Analisis Penggunaan Aplikasi Ruangguru Untuk Menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR) Ditinjau dari Perkembangan Kognitif Siswa Kelas IVD SD Negeri Kutajaya I

Puan Rafida Mahira, Kartika Chrysti Suryandari, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Aplikasi Ruangguru adalah sumber belajar berbasis teknologi yang digunakan untuk menyelesaikan PR di kelas IVD. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan manfaat yang ditimbulkan dari penggunaan Aplikasi Ruangguru sebagai sumber belajar untuk menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR) di kelas IVD SD Negeri Kutajaya I dan menganalisis dampak pada hasil belajar siswa kelas IVD SD Negeri Kutajaya I yang ditimbulkan dari penggunaan Aplikasi Ruangguru sebagai sumber belajar untuk menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR). Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, Focus Group Discussion (FGD), dan Studi Dokumen melalui hasil penilaian siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi Ruangguru dimanfaatkan untuk memudahkan siswa dalam menyelesaikan PR; dampak pada perkembangan kognitif siswa yang ditimbulkan dari penggunaan Aplikasi Ruangguru diidentifikasi melalui analisis dokumen hasil belajar siswa pada PR Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Pada penilaian ceklis yang dilakukan oleh guru melalui pengamatan pada siswa selama proses pembelajaran di kelas menunjukkan hasil bahwa adanya perkembangan kognitif yang dialami oleh siswa melalui kegiatan mengerjakan PR menggunakan Aplikasi Ruangguru dan dibuktikan juga melalui nilai PR siswa yang sudah mencapai Kriterian Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Nilai yang diperoleh siswa juga mengalami peningkatan. Penggunaan Aplikasi Ruangguru sebagai sumber belajar berbasis teknologi memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan kognitif siswa.

Keywords

homework, Ruangguru Application, learning outcomes

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.