Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar SBdP tentang Tari Kreasi Daerah pada Siswa Kelas IV SDN Pasiraman Lor Tahun Ajaran 2021/2022

Diana Roshy, Tri Saptuti Susiani, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan langkah penerapan model Quantum Teaching, untuk meningkatkan hasil belajar SBdP tentang tari kreasi daerah, dan untuk mendeskripsikan kendala dan solusi. Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini: (1) penerapan model Quantum Teaching dilaksanakan dengan langkah: (a) tumbuhkan, (b) alami, (c) namai, (d) demonstrasikan, (e) ulangi, dan (f) rayakan; (2) model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar SBdP tentang tari kreasi daerah; (3) kendala dalam penelitian ini, siswa kurang aktif bertanya dan menganggapi hasil diskusi. Adapun solusinya, memotivasi siswa untuk aktif bertanya dan menanggapi.

Keywords

quantum teaching; hasil belajar; SBdP

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.