Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar SBdP Materi Gambar Dekoratif pada Siswa Kelas III SDN Kembaran Tahun Ajaran 2021/2022
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan langkah-langkah pada penerapan model Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar SBdP materi gambar dekoratif, (2) meningkatkan penerapan model Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar SBdP materi gambar dekoratif, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar SBdP materi gambar dekoratif. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Kembaran dengan jumlah 27 siswa. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil observasi guru siklus I = 86,39%, siklus II = 90,14%, siklus III = 92,78%. Hasil observasi siswa siklus I = 87,50%, siklus II = 91,25%, siklus III = 92,50%. Hasil belajar siklus I = 87,04%, siklus II = 90,74%, dan siklus III = 96,30%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan pembelajaran SBdP materi gambar dekoratif pada siswa kelas III SDN Kembaran Tahun Ajaran 2021/2022.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.