Analisis Perilaku Sosial dan Emosional Siswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Klirong Tahun Ajaran 2021/2022

Widya Ayuningtyas Ayuningtyas, Kartika Chrysti Suryandari, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Perilaku sosial dan emosional memiliki kedudukan yang berpengaruh dalam perkembangan kognitif siswa. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menganalisis perilaku sosial siswa kelas V terhadap pelaksanaan pembelajaran daring; (2) menganalisis perilaku emosional siswa kelas V terhadap pelaksanaan pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan angket, diperkuat dengan pendapat peneliti melalui observasi terkait perilaku sosial dan emosional siswa kelas V dalam pembelajaran daring. Teknis analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada perilaku sosial siswa kelas V terhadap pelaksanaan pembelajaran daring meliputi: siswa mampu berinteraksi dengan guru dan teman, mampu menunjukan sikap interaktif ketika berdialog dengan orang lain melalui WhatsApp, mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi, mampu menunjukan sikap komunikatif, dan mampu menunjukan sikap kerjasama dengan tanggungjawab; pada perilaku emosional siswa kelas V terhadap pelaksanaan pembelajaran daring meliputi mampu menghibur teman yang sedih, menjaga lingkungan sekitar, menaati peraturan pembelajaran daring, menyesuaikan diri dengan kondisi dan situasi pembelajaran daring, mencari sumber belajar sendiri, memahami intruksi yang diberikan guru saat pembelajaran daring, dan menerapkan sikap hormat kepada orang lain.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.