Persepsi Siswa terhadap Keefektifan Pembelajaran Daring Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa Kelas IVA di SD Muhammadiyah 1 Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022

Rahmah Karuniawati, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Suhartono Suhartono

Abstract

Keefektifan pembelajaran daring dapat dilihat selama pembelajaran berlangsung, sikap siswa, penguasaan siswa terhadap materi, dan hasil belajar siswa. Keefektifan tersebut dapat diketahui dari sudut pandang atau persepsi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap keefektifan pembelajaran daring, menganalisis masalah yang dijumpai, dan menguraikan alternatif solusi untuk mengatasi masalah. Penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dengan FGD, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring belum efektif (ditunjukkan dari hasil belajar siswa). Masalah yang dijumpai yaitu: a) keterbatasan perangkat pembelajaran siswa, b) keterbatasan siswa dalam menerima materi pembelajaran, c) kenyamanan selama pembelajaran daring, dan d) tidak ada yang mengontrol kegiatan belajar siswa di rumah. Alternatif solusi yang dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada meliputi: a) melaksanakan pembelajaran daring dengan waktu yang fleksibel, b) melakukan belajar secara mandiri atau les di luar sekolah, dan c) guru membuat grup bersama dengan orang tua siswa. Simpulan dari penelitian ini yaitu menurut siswa kelas IVA pembelajaran daring yang dilaksanakan belum efektif, hanya ada 39,67% siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM.

Keywords

online learning, student perception, problems and solutions

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.