ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PATIKRAJA TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis jenis-jenis kesalahan siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal cerita matematika tentang bangun datar; (2) menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika tentang bangun datar; (3) menguraikan alteratif solusi memperbaiki kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika tentang bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Patikraja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode studi kasus dengan objek siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan dan persentase yang dilakukan siswa yaitu: kesalahan membaca (reading error) = 9,2%, kesalahan memahami (comprehension error) = 19,4%, kesalahan transformasi masalah (transformation error) = 23,3%, kesalahan keterampilan proses (process skill error) = 35,8%, kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error) = 35,5%; (2) faktor penyebab kesalahan siswa dibagi menjadi 2, yaitu faktor internal ( berasal dari dalam diri siswa) dan eksternal (berasal dari lingkungan luar siswa yaitu guru); (3) alternatif solusi untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika secara garis besar yaitu: (a) siswa harus disiplin untuk menuliskan langkah-langkah soal cerita matematika; (b) guru harus menekankan pada siswa agar menuliskan langkah-langkah penyelesaian soal cerita secara lengkap; (c) guru harus menekankan konsep-konsep dasar dalam mengerjakan soal cerita; (d) guru sebaiknya melakukan pembelajaran yang lebih kreatif dan efektif.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.