THE EFFECT OF PARENTING STYLES AND LEARNING MOTIVATION ON MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES TO FOURTH GRADE STUDENTS OF PUBLIC ELEMENTARY SCHOOLS IN PURING SUB-DISTRICT IN ACADEMIC YEAR OF 2021/2022.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya: (1) pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika; (2) pengaruh signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika; (3) pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika kelas IV SDN se-Kecamatan Puring tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode regresi ganda. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika sebesar 10,23%; (2) terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika sebesar 20,77%; (3) terdapat pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar secara simultan dengan hasil belajar matematika sebesar 31%. Berdasarkan analisis dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika kelas IV SDN se-Kecamatan Puring tahun ajaran 2021/2022.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.