Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Penerapan Model Mind Mapping pada Siswa SD Kelas IV Sekolah Dasar

Wiwik Setiayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas IV melalui model pembelajaran Mind  Mapping. Permasalahan dari penelitian ini adalah (1) Siswa kurang mampu melibatkan diri dalam proses tanya jawab dalam kelompok. (2) Rendahnya tingkat penguasaan materi pembelajaran. (3) Siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Hopkins (1993) dengan 4 tahapan yang dilaksanakan dengan dua siklus. Sasaran dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV. Hasil dari penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa model pembelajaran Mind  Mapping dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada siklus II  sebesar 26% dengan perolehan persentase keaktifan siswa yaitu 92%. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa secara klasikal sudah ≥ 80%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.