Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Problem Based Learning Berbantuan Video Edukatif di Sekolah Dasar
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 3 Gombang.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V tema 6 materi tentang panas dan perpindahannya dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan video edukatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan tiga siklus.Data yang di gunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengambilan data kuatitatif dengan menggunakan tes evaluasi terhadap peserta didik. Sedangkan teknik pengambilan data kualitatif dengan menggunakan lembar observasi. Subjek penelitian ini adalah 13 orang siswa kelas V pada SDN 3 Gombang tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik dari 75% pada siklus I, 87.50% siklus II, dan meningkat menjadi 90% pada siklus III. Hasil penelitian pada penggunan model problem based learning bantuan video edukatif dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SD Negeri 3 Gombang Kabupaten Klaten.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.