Penerapan Model Pembelajaran CIRC untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Undangan di Sekolah Dasar

Susilailiy Rahmawati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses dan hasil belajar muatan pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V yang masih rendah di SD Negeri 1 Lundong. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis surat undangan pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Lundong melalui model pembelajaran CIRC. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest tentang keterampilan menulis surat undangan adalah 67,70 dengan persentase ketuntasan peserta didik kelas sebesar 55%.  Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 71,10 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 60%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77,28 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 82,50%. Pada siklus III, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 84,60 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 90%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan keterampilan menulis surat undangan pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Lundong.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.