Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Daur Hidup Hewan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Siska Tri Agustin

Abstract

Pembelajaran abad 21 mengharuskan peserta didik menggunakan keterampilan HOTS melalui pemecahan masalah dan berpikir kritis. Guru yang profesional harus bisa menyesuaikan model, metode dan pendekatan pembelajaran yang digunakan dengan karakteristik peserta didik abad 21. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan menganalisis daur hidup hewan pada peserta didik kelas IV SD N 2 Mojayan Klaten. Penelitian dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak tiga siklus. Tahapan setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 5 peserta didik, siklus 2 sebanyak 11 peserta didik dan siklus 3 sebanyak 16 peserta didik. Pada siklus 3 rata-rata nilai peserta didik mencapai 80. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan menganalisis daur hidup hewan pada peserta didik kelas IV SD N 2 Mojayan Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.