Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Media Diorama

Rizky Yuniarsih

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilatar belakangi hasil belajar IPA materi siklus air peserta didik kelas V SDN Kluwut 04 masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM).  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi siklus air menggunakan model problem based learning dengan media diorama pada peserta didik kelas V SDN Kluwut 04 Kabupaten Brebes tahun ajaran 2020/2021. Peneliti melaksanakan PTK dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dalam satu pertemuan. Hasil penelitian pada tindakan prasiklus yang memiliki ketuntasan klasikan 12% dengan nilai rata-rata 55 mengalami peningkatan pada tindakan siklus I. Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 74% dan nilai rata-rata 77. Penelitian berakhir pada siklus II mencapai ketuntasan klasikan 100% dan nilai rata-rata 97. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi siklus air pada peserta didik kelas V SDN Kluwut 04 Brebes tahun ajaran 2020/2021.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.