Penerapan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Kegiatan Ekonomi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam mengembangkan potensi diri seorang siswa. Untuk itu perlunya inovasi dalam perbaikan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SD Negeri Sidarum dengan menerapan model Group Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelulusan siswa meningkat dari 75% menjadi 89,48%. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang kegiatan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.