Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Concept Sentence Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Ria Dwi Wulandari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran Concept Sentence pada peserta didik kelas V SD Negeri Soko 1 tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini merupakan guru kelas dan 12 peserta didik kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi. Hal ini dapat dapat dibandingkan dari hasil nilai pratindakan dengan nilai di tiap siklus. Perolehan ketuntasan klasikal pada saat pratindakan sebesar 25 %, meningkat menjadi 58,33% pada siklus I, di siklus II meningkat menjadi 75%, dan pada siklus III juga mengalami peningkatan menjadi 91,67%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik kelas V SD Negeri Soko 1 tahun ajaran 2020/2021.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.