Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Materi Kesetaraan Berat Benda Kelas 2

Nila Novita Sari

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis siswa kelas 2 pada materi kesetaraan berat benda meggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan.Tahapan dari tiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SDN Somomorodukuh 1 tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles-Huberman. Dari hasil Prasiklus 73,69 % (14 siswa) tidak memenuhi KKM. Pada siklus I siswa yang mencapai KKM hanya 63,15% (12 siswa). Pada siklus II siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 17 siswa dengan persentase 89,47% sudah memenuhi indikator penelitian sehingga siklus dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menganalisis pada materi kesetaraan berat benda pada siswa kelas 2 siswa SD Somomorodukuh 1 dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.