Implementasi Model Pair Check Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Keliling Bangun Datar

Maria Christy Puspitasari

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas dilatarbelakangi oleh hasil penguasaan konsep keliling bangun datar peserta didik kelas III SDN Soropadan masih rendah atau belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep keliling bangun datar dengan model pembelajaran pair check pada peserta didik kelas III SDN Soropadan Surakarta tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 28 peserta didik dan diambil sampel 8 anak.Penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 37,5% dan nilai rata-rata 71,63. Pada siklus II, penguasaan konsep keliling bangun datar peserta didik memperoleh ketuntasan klasikal 87,5% dan nilai rata-rata 82,5. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model pair check dapat meningkatkan penguasaan konsep keliling bangun datar pada peserta didik kelas III SDN Soropadan Surakarta tahun ajaran 2020/2021.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.