Application of Scientific Approach with Google Meet Assisted Multimedia to Improve Social Studies Learning in Class V

Mutiara Anggun Puspitasari

Abstract

Kegiatan pembelajaran daring secara asinkronus membuat kegiatan belajar kurang maksimal. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu guru perlu melaksanakan pembelajaran daring secara sinkronus dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan multimedia berbantuan google meet. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan pembelajaran IPS tema Peristiwa dalam Kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I peserta didik yang tuntas setelah melaksanakan post test sebanyak 76,25%. Pada siklus II peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 85,00%. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS di kelas V SD N Salebu 05.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.