Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Type Concep Sentences

Lely Medyawati

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi hasil keterampilan menulis karangan narasi peserta didik belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM).  Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning type concept sentences pada peserta didik kelas IV SDN Soropadan tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan klasikal dari 39% dengan nilai rata-rata 75,42 menjadi 67% dan nilai rata-rata 80,97 pada siklus I, 89% dan nilai rata-rata 84,58 pada siklus II dan 94% dengan rata-rata 87,92 pada siklus III. Kesimpulan penelitian yaitu penerapan model pembelajaran cooperative learning type concept sentences dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada peserta didik kelas IV SDN Soropadan Surakarta tahun ajaran 2020/2021.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.