Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Media Gambar Seri Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar
Abstract
Salah satu penyebab rendahnya keterampilan menulis narasi adalah belum optimalnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi menggunakan media gambar seri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas tiga SDN Ngoresan tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes awal. Kondisi keterampilan menulis narasi siswa kelas III secara klasikal diperoleh 32%, kemudian setelah tindakan dengan menerapkan media gambar berseri menjadi 61% pada siklus I, dan meningkat menjadi 86% pada siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa media gambar seri dapat meningkatkanmenulis narasi keterampilanpada siswa kelas III SDN Ngoresan yang 2020/2021 tahun akademik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.