Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA tentang Siklus Air melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kemampuan pemecahan masalah yang menjadi salah satu tujuan pembelaran IPA di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pembelajaran IPA tentang siklus air dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VB SDN Dukuhan Kerten Surakarta tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 26 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Tindakan pada siklus I menghasilkan persentase sebesar 57,69% secara klasikal dan dilanjutkan pada siklus II dengan persentase ketercapaian sebesar 84,62% secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pembelajaran IPA tentang siklus air pada peserta didik kelas VB SDN Dukuhan Kerten Surakarta tahun ajaran 2020/2021.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.