Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar

Fitri Rahmawati Nugraha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis siklus air dengan menerapkan model pembelajaran Predict Observe Explain pada peserta didik kelas V SDN Dukuhan Kerten No. 58 Surakarta Tahun 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil pratindakan menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menganalisis siklus air peserta didik adalah 62,00 dengan persentase ketuntasan klasikal 22 % yang dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal (75). Hasil siklus I menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menganalisis siklus air meningkat menjadi 69,31 dengan persentase ketuntasan klasikal 37%. Hasil siklus II menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menganalisis siklus air juga meningkat menjadi 80,28 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 81%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain dapat meningkatkan kemampuan menganalisis siklus air pada peserta didik kelas V SDN Dukuhan Kerten No.58 Surakarta.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.