Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS

Farida Zuniar

Abstract

Dalam proses pembelajaran, penerapan model pembelajaran dapat mempengaruhi hasil pembelajaran. Oleh karena itu, rendahnya hasil belajar peserta didik dapat disebabkan karena tidak digunakannya model pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran SFAE. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IVB di SDN 2 Kebulusan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SFAE dapat meningkatkan pembelajaran peserta didik. Pada model pembelajaran ini, peserta didik terlibat langsung dalam kegiaan pembelajaran. Keterlibatan peserta didik dalam suatu model pembelajaran yang diterapkan guru mempermudah peserta didik untuk lebih memahami materi yang sedang dipelajari. Oleh karena itu, penelitian ini sangat penting untuk direkomendasikan kepada guru kelas sebagai upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran tindak lanjut yang dapat dilakukan. 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.