Implementation of the Problem Based Learning Models to Improve Critical Thinking Skills in PKn

Eni Kusniati

Abstract

Output level Sekolah Dasar diharapkan memiliki keterampilan berpikir kritis yang merupakan salah satu ciri pembelajaran abad 21. Pendidikan keterampilan berpikir kritis ini telah menjadi sebuah tuntutan pada setiap pemelajaran termasuk Pendidikan Kwarganegaraan (PKn). PKn memiliki peran penting bagi kehidupan manusia untuk mempelajari hubungan antar manusia dalam lingkungan yang multikultural. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IV sekolah dasar pada pembelajaran PKn menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tiga pertemuan pada setiap siklusnya. Tahapan pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pre test dan post test dilakukan pada setiap pertemuan untuk memantau perkembangan peserta didik. Ketuntasan peserta didik setelah menyelesaikan post test siklus I sebanyak 40,91% dan siklus II sebanyak 86,96%. Hasil tersebut menunjukkan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran PKn kelas IV SDN 1 Tersobo.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.