Penerapan Model Cooperative Integrated Reading Composition untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Tema Perkembangan Teknologi

Devi Rachmawati

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi hasil keterampilan membaca pemahaman peserta didik belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan keterampilan membaca pemahaman tema perkembangan teknologi dengan model Cooperative Integrated Reading Composition. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek peserta didik kelas III SDN Babalankidul tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik tema perkembangan teknologi meningkat dengan pencapaian indikator pada siklus I sebesar 71,4%, siklus II sebesar 85,7%. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman tema perkembangan teknologi juga terlihat dari hasil belajar muatan Bahasa Indonesia ranah pengetahuan yaitu 59,09% pada siklus I, 86,36% pada siklus II. Ranah keterampilan yaitu 63,63% pada siklus I, 90,90% pada siklus II. Kesimpulan penelitian adalah penerapan model Cooperative Integrated Reading Composition dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik. 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.